Thursday, October 31, 2013

PSIKOLOGI MANAJEMEN



Definisi Psikologi Manajemen
Menurut Richard Mayer (1981) psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia. 
Menurut Plato dan Aristoteles psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
Sedangkan menurut Millet (1954) manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.
Jadi psikologi manajemen adalah analisis proses mental untuk memahami perilaku manusia yang berguna untuk melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.

Definisi Organisasi
Menurut Stoner organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
Menurut James D. Mooney organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut Chester I. Bernard organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Definisi Komunikasi
Menurut Soewarno Handaya Ningrat (1980) komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan saling pengertian satu sama lain antar sesama manusia. Proses interaksi atau hubungan satu sama lain yang dikehendaki oleh seseorang dengan maksud agar dapat diterima dan dimengerti antara sesamanya. 
Menurut T. Hani Handoko (1986) komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Perpindahan pengertian tersebut melibatkan lebih dari sekedar dari kata – kata yang digunakan dalam percakapan tapi dilihat juga melalui ekspresi wajah, intonasi, titik putus tidak hanya memerlukan transmisi data, bahwa tergantung pada keterapilan – keterampilan tertentu untuk membuat sukses pertukaran informasi.



Dimensi Komunikasi
Dimensi isi disandi secara verbal, sementara dimensi hubungan disandi secara nonverbal. Dimensi isi menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa yang dikatakan. Sedangkan dimensi hubungan menunjukkan bagaimana cara mengatakannya yang juga mengisyaratkan bagaimana hubungan para komunikasi itu, dan bagaimana seharusnya pesan itu ditafsirkan.
Dalam komunikasi massa, dimensi isi merujuk pada isi pesan, sedangkan dimensi hubungan merujuk kepada unsur-unsur lain, termasuk juga jenis saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut. Pengaruh suatu berita atau artikel dalam surat kabar, misalnya, hanya bukan bergantung pada isinya, namun juga pada siapa, penulisnya, tata letak (lay out)-nya, jenis huruf yang digunakan, warna tulisan, dan sebagainya.

Sumber:
http://kgiaji.wordpress.com/tag/komunikasi-mempunyai-dimensi-isi-dan-dimensi-hubungan/
http://www.rastika.com/2013/04/pengertian-komunikasi-menurut-para-ahli.html
http://dhiedotorg.wordpress.com/2011/09/25/pengertian-definisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/
http://dinnaamalia.wordpress.com/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/
http://habibi21star.blogspot.com/2012/04/definisi-psikologi.html


No comments: